Kamis, 05 Agustus 2010

Labfor Palembang Periksa Kolam Ikan

*Pastikan Jenis Racun Penyebab Kematian Ikan
MUSI RAWAS-Tim dari Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Palembang, Kamis (5/8) sekitar pukul 09.00 WIB mengambil sample air dan tanah di kolam yang ikannya keracunan. Pengambilan sample oleh Tim Labfor ini bertujuan untuk mengetahui racun apa yang menyebabkan puluhan ton ikan di Tugumulyo mati mendadak.

Kapolres Musi Rawas AKBP Imam Sachroni melalui Kasat Reskrim AKP Maruly Pardede menjelaskan, setelah pihaknya mendapatkan laporan ikan keracunan, langsung dikontak tim dari Labfor guna melakukan pemeriksaan. “Tim Labfor langsung berangkat dari Palembang, Rabu (4/8) sore setelah adanya permintaan dari kami,” jelasnya.

Makanya Kamis pagi tim dengan anggota empat orang ini langsung melakukan tugasnya. Tim yang dipimpin AKBP Bambang, mengawali pemeriksaan di kolam milik Tarmizi, mereka mengambil tepatnya di tempat air masuk ke kolam dan air keluar kolam, juga mengambil sample tanah di kolam.

Kemudian juga dilakukan pemeriksaan di kolam lainnya yang juga kercunan, seperti di kolam milik Darus, milik Susilo hingga kolam milik Wakil Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe.

Saat melakukan pengambil sample, tim mendapatkan seorang saksi bernama Udin, yakni penjaga kolam Wawako. Berdasarkan keterangan Udin, ia setelah ikan keracunan tepatnya di dekat pintu air, melihat ada serbuk putih yang diduga putas. Hanya saja, Udin tidak melihat orang yang meletakkannya.

Proses pengambil sample cukup lama, selajutnya tim dari Labfor langsung membawa sample tersebut ke Palembang untuk diperiksa kandungannya. “Sample yang mereka ambil, sebagai pelangkap sample yang sudah kami ambil sebelumnya,” jelas Kasat Reskrim.

Kedatangan tim ini, juga untuk memberitahu dan menunjukkan bagaimana cara pengambilan sample yang benar. “Sebenarnya sebelumnya sudah banyak sample air yang kami ambil, bahkan juga sample ikan, untuk diperiksa,” jelasnya.

Ditambahkannya Labfor dipekirakan membutuhkan waktu seminggu untuk melakukan pemeriksaan. Sambil menunggu proses pemeriksaan labfor, pihak Polres Musi Rawas terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap tuntas kasus ini.

“Penyelidikan di lapangan terus dilakukan, guna mengetahui siap yang melakukan tindakan itu. Selain itu kami juga sudah memeriksa saksi-saksi, dan mengamankan beberapa barang bukti yang ditemukan di lapangan,” pungkasnya. (ME-03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar